Home / BERITA TERKINI / Meriah, Pesantren Daruth Thoyibah Gelar Takbir Keliling

Meriah, Pesantren Daruth Thoyibah Gelar Takbir Keliling

Karanganyar (LogaritmaNews) –  Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah yang jatuh pada 11 Agustus 2019, ratusan santri putra putri Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP-IT) Logaritma Pondok Pesantren Daruth Thoyibah Karanganyar, Kebumen, menggelar acara takbir keliling Sabtu (10/8) malam.

“…Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar”, semangat lantunan gema takbir berkumandang menelusuri sepanjang jalan yang dilalui dengan disertai gemerlap api obor yang dibawanya. Kegiatan takbir keliling ini dilaksanakan usai shalat Isya’ dimulai dari halaman Ponpes Daruth Thoyibah dengan mengambil rute sejauh 5 km menelusuri jalan kelurahan Jatiluhur Karanganyar dan jalan raya Nasional Karanganyar selanjutnya kembali lagi ke Ponpes.

Kepala SMP-IT Logaritma Karanganyar Imam Arifianto, S.Pd. melalui Waka Bidang Kesiswaan Eko Sulistiyanto, S.Pd. mengatakan, tujuan diadakannya takbir keliling selain dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha, juga bertujuan untuk mengumandangkan dan mengagungkan kalimat Allah untuk mensyukuri nikmatNya.

Kegiatan Takbir keliling, Lanjut Eko, sudah rutin diadakan di Ponpes Daruth Thoyibah tiap tahunnya di malam hari Idul Adha, melalui kegiatan tersebut, pihaknya berharap para santri bisa berbaur dengan masyarakat sekitar dan termotivasi untuk selalu meningkatkan karakter keIslaman dan keimaman kepada Allah SWT.

“Alhamdulillah semua santri-santriwati ikut memeriahkan kegiatan tersebut didampingi para ustadz dan ustadzah, semoga kegiatan tersebut memotivasi mereka dalam meningkatkan iman kepada Allah dan berkah,” ujarnya.

Selain kegiatan takbir keliling, untuk meningkatkan kreativitas, keterampilan dan kemandirian santrinya, setelah shalat Id paginya dan penyembelihan hewan qurban, pihaknya juga akan mengadakan lomba memasak yang diikuti oleh seluruh santriwan-santriwati. “kami wajibkan para santri untuk ikut lomba memasak dipagi harinya setelah penyembelihan hewan qurban, agar mereka bisa belajar mandiri dan meningkatkan kreativitasnya masing-masing”, harapnya.

Salah satu peserta takbir keliling Ghaida Khaqiqi (15) dari kelas IX B ketika ditanya disela-sela takbir keliling mengaku senang dapat menjadi bagian dalam acara tersebut, dirinya berharap melalui kegiatan tersebut dapat menambah eratnya ukhuwah Islamiyah sesama santriwan.

“Ini merupakan bentuk rasa syukur dan mempererat tali silaturahmi antara santri di ponpes ini, semoga bisa saling mengingatkan satu sama lain dalam kebenaran dan kesabaran,” ujarnya yang bercita-cita menjadi hafidzoh dan dosen matematika itu. (sfd)

About saifudin

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hii world…, Nama saya Sefudin, Manusia biasa dengan pengalaman biasa-biasa saja. Saya ingin belajar apa saja dari siapa saja. Saya lahir di desa Kebanggaan saya Kedungpuji, Gombong tepatnya tanggal 21 Februari 1985. Saya suka berkawan dengan siapa saja, terutama mereka yang terbiasa dengan kebiasaan aktivitas pendidikan dan sosial. Saya berusaha untuk belajar dari orang lain. Bagi saya semua orang adalah guru saya. Moto hidup saya adalah “Khairunnas Anfa’uhum Linnas” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. Silahkan berkunjung di Website saya di: www.saifudinmadugo.com | www.saifudincomputer.com | www.servicelaptoppanggilan.com atau blognya di: www.saifudin-madugo.blogspot.co.id Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita semua… untuk terus selalu memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Aamiin. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Regards Sefudin

Check Also

Rajin Berlatih, Siswa SMK Madugo menangkan berbagai kejuaran lomba

GOMBONG (MadugoNews) – Tradisi juara pada setiap Lomba selalu dipertahankan siswa SMK Ma’arif 2 Gombong …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *